RANGKUMAN MATERI IPS SD KELAS 4
RANGUKUMAN
MATERI IPS KLS 1V SEMISTER I 2019
NO
|
KD
|
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
|
MATERI
|
|
1
|
3.1
|
Mengidentipikasik karakteristik ruang dan
penenpatan sumber daya alam untuk kesejatraan masyarakat dari tingkat
kota/Kabupaten sampai propensi
|
3.1.1 Mengidentipikasi sumber
daya alam dan pemanfaatanya.
3.1.2 Menjelaskan ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejatraan masyarakat dari tingkat
kota/Kabupaten sampai propensi.
3.1.1 Mengidentipikasikan karakteristik dataran tinggi, rendah dan pantai
serta pemanfaatan sumber daya alam bagi kesejatraan masayarakat.
3.1.2 Menjelaskan pemanfaatan dan kelestarian sumber daya alam.
3.1.3 Mengidentipikasikan pemanpaatan sumber daya hayati bagi
kesejatraan masyarakat.
|
3.1 Sumber daya alam
dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:
a. Sumber daya alam yang
dapat diperbaharui.
b. Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui meliputi air,tanah,udarah,hewan
dan tumbuh-tumbuhan.
Sumber daya alam yang tidak dapat
dipererbaharui menjadi tiga kelompok antara
lain:
a. Bahan energi (minyak bumi,gas ala,batu
bara,uranium.
b. Bahan logam( biji besi,nikel,tima
puti,bauksit,mangan,tembaga,emas dan perak.
c. Bahan bukan logam ( belerang,batu
gamping,kaolin,granit,pasir
kuarsa,pospat,intan,batu pualam dan aspa
alam.
3.1.2 Sumber daya
alam dapat dimamfaatkan untuk berbagai
kegiantan an. Pertanian,perkebunan, kehutanan,
perikanan,perindustrian,perdagangan dan parawisata.
|
2
|
3.2
|
Memamahami keragaman
social,ekonomo,budaya,etnis dan agama di propensi setempat sebagai identitas
Bangsa Indonesia.
|
3.2.1 Mengidentipikasikan keragaman budaya etnis dan agama dari
teman-teman di kelas sebagai identitas Bangsa I ndonesia
3.2.2 Menjelaskan keragaman sosial dan budaya propensi setempat
sebagai identitas Bangsa Indonesia secarah tertulis dan lisan.
3.2.3 Menyajikan informasi tentang keragaman sosial di propensi
setempat.
3.2.4 Menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman
sosial budaya dan agama setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secrah
tulisan dan lisan.
|
3.2.1
Indonesia memiliki keragaman budaya dan agama suku bangsa dan adat istiadat.
Keragaman tersebut harus dijaga persatuan dan kesatuannya agar bangsa
Indonesia tidak terpecah belah yaitu sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal
Ika meskipun berbeda beda tetapi tetap
satu jua.
3.2.2
keragaman sosial dan budaya sosial yang ada di propensi setempat yakni Indonesia memiliki keragaman suku bangsa,
setiap suku bangsa memiliki, bahasa, pakaian adat, upacara adat, kesenian dan
makanan tradisional.
3.2.3 penyajian informasi
tentang keragaman sosial
di propensi setempat yaitu keragaman budaya Indonesia dapat di amati dari
adat istiadat, bentuk rumah, pakaian adat, makanan khas, kesenian daerah,
seperti lagu , tarian dan upacara
adat.
3.2.4 Perayaan hari besar
agama sebagai bentuk keragaman sosial budaya yakni menghargai keragaman suku
dan budaya harus dilakukan, agar tercipta rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
|
3
|
3.3
|
Mengidentipikasi kegiatan ekonomi dan
hubunganya dengan berbagai bidang pekerjaan,serta kehidupan social dan budaya
dilingkungan sekitar sampai propensi.
|
3.1.1 Membandingkan jenis
pekerjaan sesuai tempat hidup
penduduk.
3.1.2 Menjelaskan hasil
identipikasi tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang terkai
dengan kegiatan ekonomi tersebut dilingkunga sekitar.
3.1.3 Membandingkan jenis
pekerjaan yang telibat dalam suatu kegiaatan ekonomi.
3.1.4 Menyebutkan jenis
pekerjaan yang berhubungan dengan social budaya.
3.1.5 Menyebutkan kegiatan
ekonomi dan berbagai pekerjaan terkait yang ditemukan dilingkungan sekitar.
|
3.1.1 Perbandingan jenis pekerjaan sesuai tempat
tinggal penduduk yaitu penduduk yang tinggal di perkotaan berbeda dengan
peenduduk yang tinggal di pedesaan, kalau penduduk yang tinggal diperkotaan
mata pencahariannya adalah pegawai, pengusaha dan dokter sedangkan penduduk
pedesaan mata pencahariannya adalah petani dan perkebunan.
3. 1.2 Kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan
yang terkait dengan kegiatan ekonomi yang berada di lingkungan setempat yaitu
kegiatan yang mendapatkan jasa seperti, tukang cukur, tukang jahit, ojek,
dokter, guru, dan buruh pekerja.
3.1.3 Perbandingan jenis pekerjaan yang terlibat
dalam suatu kegiatan ekonomi yaitu
kegiatan ekonomi masyarakat
Indonesia di kelompokkan menjadi tiga yaitu, sumber daya alam daratan,
perairan dan di angkasa sedangkan kegiatan pertanian di bagi menjadi empat
macam yaitu, bercocok tanam, perkebunan, peternakan dan perikanan.
3.1.4 Jenis pekerjaan yang
berhubungan dengan sosial budaya yaitu
bekerja sebagai guru, sebagi dokter, tukang ojek dan tukang jahit.
3.1.5 Kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan terkait
yang di temukan di lingkungan sekitar kita yakni, di bidang pertanian,
perindustrian, perdagangan jasa dan pariwisata.
|
4
|
3.4
|
Mengidentipikasi kerajaan hindu,bdha dan
islam serta pengarunya pada kehidupan masayarakat masa kini dilingkungan
daerah setempat.
|
3.4.1 Menyebutkan peninggalan kerajaan masa hindu,budha dan islam pada
masa kini dan pengarunya bagi masyarakat diwilaya setempat.
3.4.2 Menjelaskan pejuangangan
tokoh dizaman hindu dan budha.
3.4.1 Menyebutkan peninggalan
kerajaan masa islam pada masa kini dan pengarunya bagi masayarakat diwilaya
setempat.
3.4.2 Menyebutkan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan kerajaan
masa islam dan pengarunya terhadap masa kini bagi masyarakat diwilayah
setempat.
|
3.4.1
Peninggalan kerajaan masa hindu dan
budha yaitu, Candi yang terbuat
dari batu dan disusun membentuk suatu bangunan. Sedangkan pada masa Islam
yaitu, Mesjid, Istana dan Makam.
3.4.2 Perejuangan tokoh di zaman hindu dan budha
yaitu, para tokoh membuat patung atau arca yang menyerupai manusia,hewan,
dewa dan sebagainya yang di pahat. Patung bercorak budha di buat untuk
menghormati Sidharta Gautama.
3.4.1 Peninggalan kerajaan masa Islam pada masa
kini dan pengaruhnya bagi masyarakat
yaitu Mesjid yang di tempati
beribada oleh ummat islam.
3.4.2
Peninggalan kerajaan masa Islam dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi
masyarakat yakni, Mesjid, istana dan makam. Beberapa daerah di Indonesia yang
memiliki peninggalan sejarah berupa mesjid seperti Sumatra utara mesjid Azizi , kalau Istana
seperti, istana Maimun dari Sumatra Utara
dan Makam yaitu makam raja
gowa dari sulawesi selatan, makam Sultan malik Al Saleh
dari Nanggru Aceh Darussalam.
|
Toxicity and toxicity of Titanium Oxide and Titanium
BalasHapusToxicity and toxicity of used ford escape titanium Titanium Oxide and Titanium Oxide and Titanium Oxide in a titanium hair straightener whole range of conditions mens titanium braclets including UV-Freezing aluminum vs titanium and calcification of titanium ring the skin.