RANGKUMAN MATERI IPS SD KELAS 4


RANGUKUMAN MATERI IPS  KLS 1V SEMISTER I 2019

NO

KD
INDIKATOR PEMBELAJARAN
MATERI
1
3.1
Mengidentipikasik karakteristik ruang dan penenpatan sumber daya alam untuk kesejatraan masyarakat dari tingkat kota/Kabupaten sampai propensi


3.1.1  Mengidentipikasi sumber daya alam dan pemanfaatanya.
3.1.2 Menjelaskan ruang dan     pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejatraan masyarakat dari tingkat kota/Kabupaten sampai propensi.
3.1.1 Mengidentipikasikan karakteristik dataran tinggi, rendah dan pantai serta pemanfaatan sumber daya alam bagi kesejatraan masayarakat.
3.1.2 Menjelaskan pemanfaatan dan kelestarian sumber daya alam.
3.1.3 Mengidentipikasikan pemanpaatan sumber daya hayati bagi kesejatraan masyarakat.

3.1 Sumber daya alam dapat dikelompokkan    menjadi dua yaitu:
 a. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui.
 b. Sumberdaya alam yang dapat     diperbaharui meliputi air,tanah,udarah,hewan dan tumbuh-tumbuhan.
Sumber daya alam yang tidak dapat dipererbaharui menjadi  tiga kelompok antara lain:
a.    Bahan energi (minyak bumi,gas ala,batu bara,uranium.
b.    Bahan logam( biji besi,nikel,tima puti,bauksit,mangan,tembaga,emas dan perak.
c.    Bahan bukan logam ( belerang,batu gamping,kaolin,granit,pasir
kuarsa,pospat,intan,batu pualam dan aspa alam.

3.1.2 Sumber daya alam dapat dimamfaatkan  untuk berbagai kegiantan an. Pertanian,perkebunan, kehutanan, perikanan,perindustrian,perdagangan dan parawisata.
2
3.2
Memamahami keragaman social,ekonomo,budaya,etnis dan agama di propensi setempat sebagai identitas Bangsa Indonesia.
3.2.1 Mengidentipikasikan keragaman budaya etnis dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas Bangsa I ndonesia
3.2.2 Menjelaskan keragaman sosial dan budaya propensi setempat sebagai identitas Bangsa Indonesia secarah  tertulis dan lisan.
3.2.3 Menyajikan informasi tentang keragaman sosial di propensi setempat.
3.2.4 Menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial budaya dan agama setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secrah tulisan dan lisan.
3.2.1 Indonesia memiliki keragaman budaya dan agama suku bangsa dan adat istiadat. Keragaman tersebut harus dijaga persatuan dan kesatuannya agar bangsa Indonesia tidak terpecah belah yaitu sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika  meskipun berbeda beda tetapi tetap satu jua.
3.2.2 keragaman sosial dan budaya sosial yang ada di propensi setempat yakni  Indonesia memiliki keragaman suku bangsa, setiap suku bangsa memiliki, bahasa, pakaian adat, upacara adat, kesenian dan makanan tradisional.
3.2.3 penyajian informasi tentang keragaman   sosial di propensi setempat yaitu keragaman budaya Indonesia dapat di amati dari adat istiadat, bentuk rumah, pakaian adat, makanan khas, kesenian daerah, seperti  lagu , tarian dan upacara adat.
3.2.4 Perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial budaya yakni menghargai keragaman suku dan budaya harus dilakukan, agar tercipta rasa persatuan dan kesatuan  bangsa Indonesia.

3
3.3
Mengidentipikasi kegiatan ekonomi dan hubunganya dengan berbagai bidang pekerjaan,serta kehidupan social dan budaya dilingkungan sekitar sampai propensi.
3.1.1   Membandingkan jenis pekerjaan         sesuai tempat hidup penduduk.
3.1.2   Menjelaskan hasil identipikasi tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang terkai dengan kegiatan ekonomi tersebut dilingkunga sekitar.
3.1.3   Membandingkan jenis pekerjaan yang telibat dalam suatu kegiaatan ekonomi.
3.1.4   Menyebutkan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan social budaya.
3.1.5   Menyebutkan kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan terkait yang ditemukan dilingkungan sekitar.
3.1.1  Perbandingan jenis pekerjaan sesuai tempat tinggal penduduk yaitu penduduk yang tinggal di perkotaan berbeda dengan peenduduk yang tinggal di pedesaan, kalau penduduk yang tinggal diperkotaan mata pencahariannya adalah pegawai, pengusaha dan dokter sedangkan penduduk pedesaan mata pencahariannya adalah petani dan perkebunan.
3. 1.2  Kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi yang berada di lingkungan setempat yaitu kegiatan yang mendapatkan jasa seperti, tukang cukur, tukang jahit, ojek, dokter, guru, dan buruh pekerja.
3.1.3  Perbandingan jenis pekerjaan yang terlibat dalam suatu kegiatan ekonomi  yaitu kegiatan ekonomi  masyarakat Indonesia  di kelompokkan menjadi   tiga yaitu, sumber daya alam daratan, perairan dan di angkasa sedangkan kegiatan pertanian di bagi menjadi empat macam yaitu, bercocok tanam, perkebunan, peternakan dan perikanan.
3.1.4 Jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya yaitu  bekerja sebagai guru, sebagi dokter, tukang ojek dan tukang jahit.
3.1.5  Kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan   terkait  yang di temukan di lingkungan sekitar kita yakni, di bidang pertanian, perindustrian, perdagangan jasa dan pariwisata.
4
3.4
Mengidentipikasi kerajaan hindu,bdha dan islam serta pengarunya pada kehidupan masayarakat masa kini dilingkungan daerah setempat.
3.4.1   Menyebutkan peninggalan    kerajaan masa hindu,budha dan islam pada masa kini dan pengarunya bagi masyarakat diwilaya setempat.
3.4.2  Menjelaskan pejuangangan tokoh dizaman hindu dan budha.
3.4.1  Menyebutkan peninggalan kerajaan masa islam pada masa kini dan pengarunya bagi masayarakat diwilaya setempat.
3.4.2 Menyebutkan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan kerajaan masa islam dan pengarunya terhadap masa kini bagi masyarakat diwilayah setempat.

3.4.1 Peninggalan kerajaan masa hindu dan  budha  yaitu, Candi yang terbuat dari batu dan disusun membentuk suatu bangunan. Sedangkan pada masa Islam yaitu, Mesjid, Istana dan Makam.
3.4.2  Perejuangan tokoh di zaman hindu dan budha yaitu, para tokoh membuat patung atau arca yang menyerupai manusia,hewan, dewa dan sebagainya yang di pahat. Patung bercorak budha di buat untuk menghormati Sidharta Gautama.
3.4.1  Peninggalan kerajaan masa Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi masyarakat  yaitu Mesjid  yang di tempati beribada oleh ummat islam.

3.4.2 Peninggalan kerajaan masa Islam dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat yakni, Mesjid, istana dan makam. Beberapa daerah di Indonesia yang memiliki peninggalan sejarah berupa mesjid seperti  Sumatra utara mesjid Azizi , kalau Istana seperti, istana Maimun dari  Sumatra Utara dan Makam  yaitu makam  raja  gowa dari sulawesi selatan, makam Sultan malik  Al  Saleh dari Nanggru Aceh Darussalam.


Komentar

  1. Toxicity and toxicity of Titanium Oxide and Titanium
    Toxicity and toxicity of used ford escape titanium Titanium Oxide and Titanium Oxide and Titanium Oxide in a titanium hair straightener whole range of conditions mens titanium braclets including UV-Freezing aluminum vs titanium and calcification of titanium ring the skin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN PEMBAHASAN IPS KELAS 4 SD