SOAL DAN PEMBAHASAN IPS KELAS 4 SD
SOAL
IPS KLS 4 SEMESTER I KD 3.1, 3.2, 3.3
DAN 3.4
KD 3.1 Mengidentipikasik
karakteristik ruang dan penenpatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/Kabupaten sampai
provensi.
INDIKATOR
3.1.1 Mengidentipikasi sumber daya alam
dan pemanfaatanya.
SOAL UAN
1. Sumber daya alam aspal digunakan untuk …………….
a. Jalan b. Rumah c.
Gedung d. Waduk
2. Berikut ini contoh sumber daya alam sumber energi
adalah…………..
a. Minyak
bumi,gas alam dan emas c. Emas,perak
dan bauksit
b. Gas
alam,perak dan tembaga d. gas alam,minyak bumi dan batu bara
3.
Berikut ini adalah manfaat dari air kecuali……………..
a.
Untuk minum c. Untuk
irigasi
b.Untuk
membanjiri sawah d. Untuk
pembangkit listrik tenaga diesel ( PLTD).
ISIAN
1. Sumber daya alam seperti bambu dan rotan merupakan
bahan baku dalam membuat kerajinan rumahtangga contohnya………..
2. Minyak bumi
dan batu bara termasuk sumber daya…………..
3. Kelapa sawit dapat digunakan untuk membuat…………..
URAIAN
1. Tuliskan 3 contoh kegiaatan ekonomo yang
memanfaatkan sumber daya alam!
2. Tuliskan 3 sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui!
3. Jelaskan apa yang dimaksud sumber daya alam!
INDIKATOR 3.1.2 Menjelaskan ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam untuk kesejatraan masyarakat dari tingkat kota/Kabupaten sampai propensi.
1. Bahan yang digunakan dalam membuat gedung
bertingkat adalah…………
a.
Plastik b. wol c. Gabus d. Besi
2. Pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi
harus……..
a.
sampai habis c. Merusak lingkungan alam
b.
Mengutamakan keuntungan
daripada lingkungan d.Tidak merusak alam
3. Pembuatan sengkedan dan terasering dilakukan untuk
mencega…….
a. Banjir c.
Kebocoran minyak
b. Tana
longsor d. Pencemaran air
ISIAN
1. Sumber daya alam dimanfaatkan untuk……………
2. Kerusakan sumber daya alam dapat terjadi
karena…………..
3.Melakukan reboisasi hutan berfungsi untuk……….
URAIAN
1.Jelaskan manfaat sumber daya alam untuk kelangsungan
hidup mahluk hidup!
2. Traktor adalah contoh teknologi pemanfaatan sumber
daya alam dalam bidang……………
3. Tuliskan 3 tanaman yang bahan bakunya untuk industri!
INDIKATOR
3.1.1 Mengidentipikasikan karakteristik dataran tinggi, rendah dan pantai serta
pemanfaatan sumber daya alam bagi kesejatraan masayarakat.
SOAL
UAS
1. Tanaman perkebunan yang tumbuh didaerah dataran
tinggi dan dapat dimanfaatkan oleh manusia adalah…………
a. Padi c. Teh
b. Tebuh d.
Rumput Laut
2. Sebagian besar penduduk yang bermukim didaerah
dataran rendah matapencahariannya adalah,kecuali……
a. Nelayan c.
pilot
b. Bertani d. Karyawan
3. Cara melestarikan sumber daya alam laut
adalah…………..
a. Reboisasi c. tidak
merusak hulu sungai
b. Budi daya
terumbu karang d. Membuang limbah di laut
ISIAN
1. Tanaman tebu cocok ditanam di daerah ….
URAIAN
3. Sebutkan manfaat sumber daya alam danau untuk
memenuhi kebutuhan ekonomi!
INDIKATOR 3.1.2 Menjelaskan pemanfaatan dan
kelestarian sumber daya alam.
SOAL UAS
1. Makanan yang berasal dari tumbuhan yaitu ...
a. tempe, tahu, kedelai. c. tahu, tempe, ikan
a. tempe, tahu, kedelai. c. tahu, tempe, ikan
b.
semangka, sayuran, keju d. susu, kedelai, tempe
2.
Bahan dari alam yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut ….
a. sumber daya alam c. sumber hidup
b. kekayaan alam d. alam sekitar
a. sumber daya alam c. sumber hidup
b. kekayaan alam d. alam sekitar
ISIAN
1.
Sumber daya alam yang merupakan hasil laut adalah……..
URAIN
1.
Sebutkan 2 bagian sumber daya alam !
INDIKATOR
3.1.3 Mengidentipikasikan pemanpaatan sumber daya hayati bagi kesejatraan
masyarakat.
SOAL UAS
1. Di bawah ini merupakan fungsi terumbu karang
adalah ...
a. sumber batu bara c. wilayah strategis untuk budi daya
b. mencegah abrasi pantai d. tempat perkembang biakan organisme laut
a. sumber batu bara c. wilayah strategis untuk budi daya
b. mencegah abrasi pantai d. tempat perkembang biakan organisme laut
2. Hewan bagi manusia sangat berguna
karena dimanfaatkan sebagai ...
a. Perabotan rumah tangga c. Bahan listrik
b. Bahan makanan d. Bahan bangunan
a. Perabotan rumah tangga c. Bahan listrik
b. Bahan makanan d. Bahan bangunan
3. Di bawah ini adalah jenis-jenis
budidaya perikanan air tambak adalah, kecuali....
a. bandeng, mas, dan rajungan c. Nila,bandeng dan lele
b. Belanak, mujair, dan Kerang d.Tongkol, kepiting, dan lumba-lumba
ISIAN
1. Berdasarkan sipaynya,sapi dan kambing merupakan
contoh sumber daya………
URAIAN
1. Jelaskan yang dimaksud sumber daya alam hayati!
Berikan contohnua!
KD
3.2
INDIKATOR
3.2.1 Mengidentipikasikan keragaman budaya etnis dan agama dari teman-teman di
kelas sebagai identitas Bangsa I ndonesia.
SOAL UAS
1. Keragaman suku dan budaya yang kita
miliki merupakan satu kesatuan untuk…………..
a.
Berselisi c. Beradu
b.
Bersatu d. Bertengkar
2. Semboyan Negara kita adalah……….
a. Bhineka Tunggal Ika C. Jalasveva Jaya Mahe
b. Tut Wuri Handayani d. Kartika Eka Paksi
3. Jika ada Persatuan antara Penduduk, akan
timbul kecualil…………..
a. Rasa aman c.
Kerja sama
b. Ketentraman d.
Rasa curiga
ISIAN
1. Hidup saling menghormati,Bekerja sama dan hidup
rukun akan membentuk rasa…………..
URAIAN
1. Tuliskan 3
nama suku yang ada di Sulawesi Selatan!
INDIKATOR 3.2.2 Menjelaskan keragaman sosial dan budaya
propensi setempat sebagai identitas Bangsa Indonesia secarah tertulis dan lisan.
SOAL
UAS
1. Keragaman suku dan budaya yang kita
miliki merupakan sala satu kesatuan untuk………..
a. Bersatu c.
Berselisih
b. Bertengkar d. Beradu
2. Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai
suku bangsa mulai dari…………
a. Papua,Kalimantan c.
Sabang,Merauke
b.Jawa,Sulawesi d. Sumatra, Kalimantan
3. Jika tidak ada persatuan antara
penduduk akan timbul………..
a. Rasa aman c. Kerja sama
b. Ketentraman d. Rasa curiga
ISIAN
1. Menjaga persatuan adalah kewajiban dari ....
URAIAN
1.Mengapa kita perlu menghargai keragaman yang ada
dalam masayarakat?
INDIKATOR
3.2.3 Menyajikan informasi tentang keragaman sosial di propensi setempat.
SOAL UAS
1.Tiap-tiap manusia mempunyai
karakteristik sendiri-sendiri,meskipun berbeda tetapi perbedaan itu………..
a.
Harus secepatnya dihilangkan c. Harus kita satukan sesegera
mungkin
b.
Tidak boleh menjadi halangan d.
Harus kita sikapi dengan persaingan
untuk berhubungan
2. Keragaman suku dan budaya yang kita
miliki merupakan satu kesatuaan
untuk…………
a. Berselisih c. Bertengkar
b. Beradu d.
Bersatu
3. Budaya bangsa atau budaya nasional
bersumber dari budaya………….
a. cina c.
Daerah
b. Jawa d.
Melayu
ISIAN
1.Empat
suku bangsa yang tinggal di Sulawesi Selatan adalah……,…..,…..dan……
URAIAN
1.
Tuliskan satu contoh cara nelestarikan budaya daerah?
INDIKATOR
3.2.4 Menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial
budaya dan agama setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secrah tulisan dan
lisan.
SOAL
UAS
1.
Upacara adat
Rambu solo pada gambar berikut berasal
dari daerah...
a. Bali c. Dayak
b. Toraja d. Mandar
b. Toraja d. Mandar
2.
Di tiap suku atau daerah biasanya terdapat kelompok-kelompok atau organisasi.
Suatu kelompok dipimpin oleh seseorang yang dihormati dan disegani. Pemimpin
ini disebut ...
a. kepala adat c. kepala keluarga
b. kepala sekolah d. kepala inti
a. kepala adat c. kepala keluarga
b. kepala sekolah d. kepala inti
3. Seprangkat makanan dan buah buahan
diserta bungan yang ditempatkan dalam suatu wadah disaebut...............
a. Sesaji c. Sekaten
b. Genduren d. Larungan
a. Sesaji c. Sekaten
b. Genduren d. Larungan
ISIAN
1. Tradisi Rambu solo yang ada di
Sulawesi Selatan merupakan upacara pemakaman suku……..
URAIAN
1.Tuliskan 3 upacara adat yang ada di Indonesia?
KD
3.3 Mengidentipikasi kegiatan ekonomi
dan hubunganya dengan berbagai bidang pekerjaan,serta kehidupan sosial dan
budaya dilingkungan sekitar sampai propensi.
INDIKATOR
3.1.1 Membandingkan jenis pekerjaan sesuai
tempat hidup penduduk.
SOAL UAS
1.
Penduduk di
daerah pegunungan biasa bekerja sebagai ....
a. Pekerja tambak c. Nelayan
b. Pekerja kebun d. Petani garam
2.
Berikut ini
adalah sifat yang harus dilakukan saat bekerja, kecuali ....
a. Korupsi c. Rajin
b. Semangat d.Tanggung jawab
3.
Orang yang
tidak mempunyai pekerjaan dinamakan ....
a. Tuna wiswa c.
Karyawan
b. Gelandangan d.
Pengangguran
ISIAN
1. Sopir adalah pekerjaan yang
menghasilkan ....
URAIN
1. Sebutkan 3 jenis-jenis pekerjaan di
sekitar kita!
INDIKATOR 3.1.2
Menjelaskan hasil identipikasi tentang kegiatan ekonomi dan berbagai
pekerjaan yang terkai dengan kegiatan ekonomi tersebut dilingkunga sekitar.
SOAL UAS
1.
Seseorang
yang bekerja dengan membuka usaha sendiri disebut ....
a. Pegawai negeri c. Wirausaha
b. Wiraswasta d.
Badan usaha
2.
Berikut
pekerjaan yang menghasilkan barang adalah ....
a. Polisi c. Petani
b. Dokter d. Guru
3.
Berikut ini
adalah kebutuhan pokok manusia adalah ....
a. Rumah, makanan dan mobil c. Handphone, pakaian dan rumah
b. Rumah, televisi dan pakaian d. Rumah, pakaian dan makana
ISIAN
1. Seseorang yang pekerjaannya menjual barang
dinamakan ....
URAIAN
1. Tuliskan 2 pekerjaan yang menghasilkan barang dan 2
pekerjaan yang menghasilkan jasa!
INDIKATOR
3.1.3 Membandingkan jenis pekerjaan
yang telibat dalam suatu kegiaatan ekonomi.
SOAL UAS
1.Agar dapat dipercaya dalam pekerjaan
maka kita harus selalu bersikap ....
a.
Korupsi c.
Malas
b.
Jujur d. Sopan
2.
Orang yang
tepat waktu dalam bekerja menunjukan bahwa ia mempunyai sifat ...
a.
Disiplin c. Sopan
b.
Semangat d. Rajin
3.
Kkorupsi
dalam bekerja adalah contoah perbuatan yang ....
a.
Terpuji c. Tercela
b.
Semangat d. Memuaskan
ISIAN
1. Pekerjaan akan mudah terselesaikan jika kita
bekerja dengan ....
URAIAN
1. Mengapa orang harus memiliki semangat kerja?
INDIKATOR
3.1.4 Menyebutkan jenis pekerjaan yang
berhubungan dengan social budaya.
SOAL UAS
]1.Berikut ini bukan merupakan masaalah
sosial yang disebabkan factor ekonomi
adalah………..
a. Pengangguran c. Kemiskinan
b. Kebodohan d. Kemalasan
2.Banyaknya petani yang stres karena
kekeringan merupakan masaalah social di daerah……..
a.
Perkotaan c. Pantai
b.
Hutan d.
Pedesaan
3. Modal utama seseorang untuk bekerja
adalah……..
a.
Kemauan c. Kebodohan
b.
Kemalasan d.Kefakiran
ISIAN
1. Kegiatan ronda bergiliran merupakan upaya mencega
terjadinya…..
URAIAN
1.Tuliskan 3 contoh masalah social yang meresahkan di
lingkungan masyarakat!
INDIKATOR
3.1.5 Menyebutkan kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan terkait yang
ditemukan dilingkungan sekitar.
SOAL
UAS
1.Daerah yang pembangunannya berjalan
baik akan memiliki kegiatan ekonomi
yang ...
a.
berjalan baik c.
tidak berkembang
b.
terbelakang d. dikendalikan
pihak swasta
2. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi
bagi seorang nelayan ketika menangkap ikan adalah di ...
a.
darat c.
laut
b.
udara d.
pegunungan
3. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi
bagi seorang guru ketika mengajar anak-anak adalah di ...
a.
sekolah c. rumah ibadah
b.
pasar d. bioskop
ISIAN
1.Pertikaian antartetangga adalah masalah social yang
terjadi di lingkungan……….
URAIAN
1.Tuliskan 3 kegiatan ekonomi penduduk disekitar
pantai!
KUNCI JAWABAN
KD 3.1 INDIKATOR 3.1.1
1.
a Jalanan
2.
d Gas alam,minyak bumi dan batu bara.
3.
d Utuk pembangkit listrik tenaga diesel ( PLTD )
ISIAN
1.
Kursi,meja,keranjang ( Jawaban berpariasi )
2.
Energi
3.
Minyak goring.
URAIAN
1.
- Perkebunan
-
Pertranian
-
peternakan
2. - Gas alam
- Batu bara
- Minyak bumi ( Jawaban berpariasi )
3. Segala sesuatu yang bersumber dari alam digunakan
untuk memenuhi kebutuhan manusia.
INDIKATOR
3.1.2
1. d. Besi
2. d. Tidak merusak alam
3. b Tana longsor
ISIAN
1. Untuk kebutuhan makanan bagi manusia
dan hewan ( Jawaban berpariasi ).
2. Karena gempa bumi,Banjir,Tana longsor (
Jawaban berpariasi ).
3. Mengurangi erosi oleh angin dan
air,mencega banjir ( Jawaban berpariasi ).
URAIAN
1. sebagai sumber energi dan bahan
bakar,sebagai pembangkit listrik,untuk kebutuhan makan bagi manusia dan hewan (
Jawaban berpariasi )
2. Pertanian / Perkebunan
3. -
Tebuh
-
Kelapa sawit
-
Cengke ( Jawaban berpariasi )
KD 3.1 INDIKATOR 3.1.1
1.
c. Teh
2.
c. Pilot
3.
d. Budi daya terumbu karang
ISIAN
1.Di
daerah dataran rendah
URAIAN
1.Untuk budi daya rumput laut,Tempat mencari
ikan,Tempat rekreasi(jawaban
berpariasi).
INDIKIATOR 3.1.2
1.
a. Tempe,Tahu,Kedelai
ISIAN
1.
Ikan,Udang,Rumput laut ( Jawaban berpariasi)
URAIAN
1.
1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
2. Sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui
INDIKATOR 3.1.3
1.
d Tempat perkembang biakan organism laut
2. b Bahan makanan
3.
c Nila,Bandeng dan Lele
ISIAN
1.
Hayati
URAIAN
1. Sumber daya alam berupa mahluk hidup contonya
sapi,kambing dan tumbuh-tumbuhan.
KD
3.2
INDIKATOR
3.2.1
1. b. Bersatu
2. a Bhinineka Tunggal Ika
3. Rasa curiga
ISIAN
1.Kebersamaan / Kekeluargaan
URAIAN
- suku Makassar
- Suku Bugis
- Suku Toraja (Jawaban berpariasi)
INDIKATOR
3.2.2
1. a. Berselisi
2. c. Sabang,Merauke
3. d. Rasa curiga
ISIAN
1.
Seluruh warga Negara
URAIAN
1.
Agar tercipta rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
INDIKATOR 3.2.3
1.
b Tidak boleh menjadi halangan untuk berhubungan
2.
d Bersatu
3.
c Daerah
ISIAN
1.Makassar,Bugis,Bone
dan Toraja
URAIAN
1.
Mempelajari tarian dan nyanyian daerah (Jawaban berpariasi)
INDIKATOR
1.
b. Toraja
2.
a kepala adat
3.
a sesaji
ISIAN
1.
Suku Toraja
URAIAN
-
Upacara lompat batu di
Nias
-
Upacara Ngaben di Bali
-
Upacara Rabu Solo di
Toraja
-
KADE 3.3 INDIKATOR 3.1.1
1.
b Petani kebun
2.
a Korupsi
3.
d Pengangguran
ISIAN
1.
Jasa
URAIAN
- Petani
-
Peternak
-
Pedagang ( Jawaban berpariasi )
INDIKATOR 3.1.2
1.
c Wirausaha
2.
c Petani
3.
Rumah, pakaian, dan makanan
ISIAN
1.
Pedagang
URAIAN
1.
a. Yang menghasilkan brang :
Petani,Pedagang
dan Peternak
b. Yang menghasilkan jasa :
Guru, Dokter dan Sopir ( Jawaban berpariasi )
INDIKATOR 3.1.3
1.
b Jujur
2.
d Rajin
3.
c Tercela
ISIAN
1.
Semangat dan bersungguh-sunggu ( Jawaban berpariasi )
URAIAN
1.
- Agar dapat bekerja dengan benar untuk mendapatkan hasil yang bagus memuaskan.
- Agar ia
mampu memenuhi segala kebutuhan dan keinginanya.
INDIKATOR
3.1.4
1. d Kemalasan
2. d Pedesaaan
3. a Kemauwan
ISIAN
1. Kejahatan
URAIAN
1. Pertikaian,Pencurian dan Kelainan jiwa
INDIKATOR
3.1.5
1. a Berjalan dengan baik
2. c Laut
3. Sekolah
ISIAN
1. Masayarakat.
URAIAN
1. -
Menjadi Nelayan
-
Petani tambak
-
Petani garam ( Jawaban berpariasi )
KD 3.1 MATERI
3.1.1
Sumber daya alam dapat
dikelompokkan menjadi dua yaitu:
a.
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui.
b. Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui
meliputi air,tanah,udarah,hewan dan
tumbuh-tumbuhan.
Sumber
daya alam yang tidak dapat dipererbaharui menjadi tiga kelompok antara lain:
a.
Bahan energi (minyak bumi,gas ala,batu bara,uranium.
b. Bahan logam( biji besi,nikel,tima
puti,bauksit,mangan,tembaga,emas dan
perak.
c. Bahan bukan logam ( belerang,batu
gamping,kaolin,granit,pasir
kuarsa,pospat,intan,batu
pualam dan aspa alam.
Materi 3.1.2
Sumber daya alam dapat dimamfaatkan
untuk berbagai kegiatan. Pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, perindustrian,
perdagangan dan parawisata.
KD 3.2
Materi 3.2.1
Indonesia memiliki keragaman budaya dan agama suku bangsa dan adat
istiadat. Keragaman tersebut harus dijaga persatuan dan kesatuannya agar bangsa
Indonesia tidak terpecah belah yaitu sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal
Ika meskipun berbeda beda tetapi
tetap satu jua.
3.2.2
keragaman sosial dan budaya sosial
yang ada di propensi setempat yakni
Indonesia memiliki keragaman suku bangsa, setiap suku bangsa memiliki,
bahasa, pakaian adat, upacara adat, kesenian dan makanan tradisional.
3.2.3
penyajian informasi tentang keragaman sosial di propensi setempat yaitu keragaman
budaya Indonesia dapat di amati dari adat istiadat, bentuk rumah, pakaian adat,
makanan khas, kesenian daerah, seperti
lagu , tarian dan upacara adat.
3.2.4
Perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial budaya yakni
menghargai keragaman suku dan budaya harus dilakukan, agar tercipta rasa
persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
KD 3.3
MATERI 3.1.1
Perbandingan
jenis pekerjaan sesuai tempat tinggal penduduk yaitu penduduk yang tinggal di
perkotaan berbeda dengan peenduduk yang tinggal di pedesaan, kalau penduduk
yang tinggal diperkotaan mata pencahariannya adalah pegawai, pengusaha dan
dokter sedangkan penduduk pedesaan mata pencahariannya adalah petani dan perkebunan.
3.1.2
Kegiatan
ekonomi dan berbagai pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi yang berada
di lingkungan setempat yaitu kegiatan yang mendapatkan jasa seperti, tukang
cukur, tukang jahit, ojek, dokter, guru, dan buruh pekerja.
3.1.3
Perbandingan
jenis pekerjaan yang terlibat dalam suatu kegiatan ekonomi yaitu kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia di kelompokkan menjadi tiga yaitu, sumber daya alam daratan,
perairan dan di angkasa sedangkan kegiatan pertanian di bagi menjadi empat macam
yaitu, bercocok tanam, perkebunan, peternakan dan perikanan.
3.1.4
Jenis
pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya yaitu bekerja sebagai guru, sebagi dokter, tukang
ojek dan tukang jahit.
3.1.5
Kegiatan
ekonomi dan berbagai pekerjaan terkait
yang di temukan di lingkungan sekitar kita yakni, di bidang pertanian,
perindustrian, perdagangan jasa dan pariwisata
KD 3.4
3.4.1
Peninggalan
kerajaan masa hindu dan budha yaitu, Candi yang terbuat dari batu dan
disusun membentuk suatu bangunan. Sedangkan pada masa Islam yaitu, Mesjid,
Istana dan Makam.
3.4.2
Perejuangan
tokoh di zaman hindu dan budha yaitu, para tokoh membuat patung atau arca yang
menyerupai manusia,hewan, dewa dan sebagainya yang di pahat. Patung bercorak
budha di buat untuk menghormati Sidharta Gautama.
3.4.1
Peninggalan kerajaan masa Islam pada masa kini
dan pengaruhnya bagi masyarakat yaitu
Mesjid yang di tempati beribada oleh
ummat islam.
3.4.2
Peninggalan
kerajaan masa Islam dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat yakni,
Mesjid, istana dan makam. Beberapa daerah di Indonesia yang memiliki
peninggalan sejarah berupa mesjid seperti
Sumatra utara mesjid Azizi , kalau Istana seperti, istana Maimun
dari Sumatra Utara dan Makam yaitu makam
raja gowa dari sulawesi selatan,
makam Sultan Malik Al Saleh
dari Nangro
Aceh Darussalam
HM.....
BalasHapus